Cara Menginstall Linux Mint

Kamis, 11 Juli 2013

Hallo Sobat blogger., kali ini jakainfo akan berbagi tips mengenai cara instalasi linux mint di perangkat komputer/laptop.

Ok langsung saja dan tidak usah basa basi lagi, ini dia langkah-langkahnya..,



langkah pertama adalah siapkan DVD Linux Mint dan masukan dalam kandar optik di perangkat anda dan booting DVD Linux Mint pada perangkat anda. Setelah proses booting selesai makaakanmunculseperti gambar kedua di bawah ini.



Pada layar perangkat anda akan muncul seperti gambar di atas lalu pilih “Start Linux Mint”. Setelah beberapa saat sistem live sudah siap dan anda dapat melihat desktop anda.



Pada tahap ini sebenarnya Linux Mint belum terpasang di perangkat anda ini hanya berjalan dari DVD. Sistem yang ada pada desktop anda saat ini hampir sama persis dengan yang anda miliki setelah menyelesaikan instalasi dengan tuntas.



Jika anda ingin mengetahui catatan rilis anda dapat mengetahuinya dengan cara menyambung ke internet lewat perangkat anda hanya dengan sekali klik pada tautan yang bergaris bawah. Dan di anjurkan untuk membaca catatan rilis mengenai instalasi pada perangkat bagi anda yang masih awam dengan Linux Mint.
 Selanjutnya, pilih bahasa anda dan tekan tombol “Continue” Pada layar berikutnya, pastikan Anda terhubung ke sumber daya  (jika Anda menggunakan laptop), internet dan pastikan Anda memiliki ruang kosong pada hard disk sesuai yang disarankan.



Pada layar berikutnya, pastikan Anda terhubung ke sumber daya  (jika Anda menggunakan laptop), internet dan pastikan Anda memiliki ruang kosong pada hard disk sesuai yang disarankan. Kemudian tekan tombol "Continue".



Pada tahap ini anda dapat menentukan apakah perangkat anda hanya dgunakan sepenuhnya untuk Linux Mint atau anda dapat memasang Linux Mint berdampingan dengan sistem operasi lain. Jika hanya Linux Mint pilih “Erase disk and install Linux Mint” Jika, menggunakan dua sistem operasi pilih “Something else” Tentunya anda harus melakukan partisi pada perangkat anda.



Tahap ini anda di minta untuk konfirmasi untuk siap menginstal Linux Mint di perangkat anda hanya dengan tekan tombol “Install Now” untuk memulai instal Linux Mint.



Sekarang saatnya menentukan dimana posisi anda untuk mengetahui zona waktu anda jika, sudah di tentukan klik tombol “Continue”. 



Pilih tata letak keyboard Anda. Jika Anda tidak yakin mengenai tata letak manakah yang cocok dengan keyboard yang Anda miliki, klik pada kolom teks di bagian bawah layar dan mulailah mengetik menggunakan keyboard Anda. Pastikan tombol yang Anda tekan sesuai dengan karakter yang muncul dalam kolom teks untuk memastikan bahwa Anda telah memilih tata letak keyboard yang tepat. Beberapa tata letak hanya berbeda pada aksen, angka dan tanda baca, jadi pastikan untuk menguji hal tersebut, jangan lupa klik “Continue” yaa :) .



Masukkan nama asli Anda dan sebuah nama pengguna (username) dan kata sandi (password). Tiap kali Anda akan menggunakan Linux Mint Anda akan menggunakan akun dengan nama pengguna dan kata sandi ini. Setelah Linux Mint terpasang Anda dapat membuat akun lain untuk orang lain yang menggunakan komputer ini.
Perlu diketahui : Huruf besar, spasi dan karakter istimewa tidak diijinkan dalam penulisan username atau nama komputer.



Installasi akan memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Tapi berbahagialah anda kerena, anda sudah menggunakan sistem operasi yang di rancang untuk kemudahan, kenyamanan anda dalam setaip kali pemakaian perangkat anda.

Setelah intallasi selesai lalu akan muncul pilihan coba atau hidupkan ulang., disini silahkan Anda restart ulang komputer/Anda agar sistem operasi linux mint yang sudah terinstall bisa berjalan dengan baik.







Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda ^_^
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. jakainfo.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger