Cara mudah Uninstall OS dari Linux

Senin, 22 Juli 2013

 
 Kali ini jakainfo akan berbagi tips cara mengunistall OS (Operating System) Windows atau yang lainnya melalui linux, nah sebelum kita mengetahui cara-cara menguninstall OS dari linux terlebih dahulu kita mengenal apa itu linux.?
Linux adalah suatu system operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, yang dapat berjalan di berbagai. Sistem operasi ini mengimplementasikan standar POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan system operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Linux sebetulnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap. Lingkungan sistem operasi ini mencakup ratusan program, termasuk kompiler, interpreter, editor dan utilitas. Perangkat bantu yang mendukung konektifitas, ethernet, SLIP dan PPP dan interoperabilitas. Produk perangkat lunak yang handal (reliable), termasuk versi pengembangan terakhir. Kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang telah bekerja dan menjadikan Linux portabel ke suatu platform baru, begitu juga mendukung komunitas pengguna yang memiliki beragam kebutuhan dan juga pengguna dapat turut serta bertindak sebagai tim pengembang sendiri.
Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah harga. Linux ini lebih murah dan dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Tetapi ada hal lain yang lebih utama selain pertimbangan harga yaitu mengenai source code. Source code Linux tersedia bagi semua orang sehingga setiap orang dapat terlibat langsung dalam pengembangannya.
Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk device tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal atau menandatangani Non Disclosure Agreement (NDA). Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi setiap orang untuk melihat ke dalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial.
Karena Linux itu tersedia secara bebas di internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distrbusi yang dapat dianggap sebagai versi kemasan Linux. Paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, penagkat lunak untuk instalasi dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus dan dukungan khusus.
 
Linux merupakan sistem operasi yang fleksibel, Linux dapat diinstal di komputer yang sudah ada sistem operasi lain misalnya Windows, Mac, atau bahkan sudah ada Linux di dalamnya. Kondisi semacam ini sering diistilahkan dengan dual boot, triple boot, quad boot, dan seterusnya.
Nah, masalah bagi yang suka bongkar pasang OS pada PC atau Laptop yang sering timbul adalah ketika kita menghapus salah satu sistem operasi terutama Linux, hal yang sering dialami adalah hilangnya GRUB dari komputer kita sehingga tidak dapat "masuk" ke sistem operasi yang terinstal. Meskipun sudah ada solusi untuk mengatasi hilangnya GRUB, namun alangkah lebih baik jika kita menghindari masalah yang seharusnya tidak perlu kita alami. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info mengenai cara mudah dan aman menghapus sistem operasi yang terinstal di komputer dengan bantuan OS-Uninstaller, dan
saya pernah menggunakannya saat menghapus os ubuntu.
http://i.stack.imgur.com/YkyjS.png


OS-Uninstaller berjalan di Ubuntu Lucid, Maverick, dan Natty, atau mungkin untuk saat ini bisa berjalan di versi yang lainnya. Dan saya mencoba di Zorin OS yang masih merupakan turunan dari ubuntu OS-Uninstaller ini bisa berjalan.
Untuk menginstal OS-Uninstaller caranya dengan mengetik perintah berikut di Terminal (tekan Alt+Ctrl T):
  • sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/os-uninstaller   
  • sudo apt-get update  
  • sudo apt-get install os-uninstaller  
Nah, sekian informasi dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian... ^_^
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. jakainfo.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger